//]]>

10 July 2019

Apakah Konspirasi Itu?

https://i.ytimg.com/vi/Ut124d5sX6c/maxresdefault.jpg
Apakah kita pernah mendengar kata konspirasi? Apa itu Konspirasi dunia? Apa itu konspirasi yahudi? Apa itu konspirasi Freemason? Apa itu Konspiras Illuminati? Apa itu teori konspirasi? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak kita mengenai Apakah Konspirasi itu?
Jadi, dalam artikel kali ini, X Files Indo akan membahas mengenai apakah Konspirasi itu? Apakah ada contoh konspirasi? dan Apakah ada konspirasi yang terjadi kebenarannya?
Menurut kamus Oxford atau oxford Dictionary, pengertian konspirasi adalah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan illegal atau merugikan pihak-pihak tertentu.


“conspiracy (noun): A secret plan by a group to do something unlawful or harmful.”

Jadi, pengertian konspirasi adalah tindakan yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, tragedi kemanusiaan serta sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdayai/mengaburkan dari fakta, direncanakan dan dilaksanakan secara diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa dan berpengaruh.


Salah satu ahli juga menyatakan bahwa konspirasi adalah suatu tindakan atau perencanaan yang dilakukan oleh kelompok rahasia yang bersekongkol untuk berbuat melanggar hukum atau beritikad buruk. (Yenni Salim : 2002). Dari pernyataan Yenni Salim di atas bisa disimpulkan bahwa konspirasi melakukan hal negatif untuk menguntungkan kelompok itu sendiri. Konspirasi sendiri, karena hanya milik suatu kelompok, maka biasanya berita konspirasi tersebut bersifat rahasia dan hanya diketahui kelompok tersebut.

Ada konspirasi yang merupakan skala kecil dan berskala besar. Berikut beberapa Konspirasi Dunia terpopuler yang pernah ada :











1. Pembunuhan Presiden Amerika, John F. Kennedy


https://www.thenation.com/wp-content/uploads/2015/11/JFK_limousine_cc_img.jpg


Berita mengenai pembunuhan Presiden Amerika Serikat adalah salah satu teori konspirasi yang populer hingga saat ini. Padahal kejadian tersebut sudah terjadi pada tahun 1963 lalu di Dallas, Texas. Pada kejadian tersebut, John F. Kennedy sedang berada di mobil tanpa atap bersama dengan istrinya, Jackie dan gubernur Texas, beserta istrinya juga.


Menurut teori yang beredar, John F. Kennedy ditembak dari lantai enam gedung Texas School Book Depository dengan 3 tembakan. Peluru pertama meleset. Peluru kedua diduga terkena Kennedy dan menembus hingga tenggorokkan Kennedy hingga terkena rusuk Gubernur Connelly. Namun, banyak penggemar teori konspirasi yang menyebarkan berita bahwa ada tembakkan keempat berasal dari semak belukar di dekat mereka.


Agen Secret Service Clint Hill yang ditugaskan mengawal Jackie Kennedy adalah yang pertama tiba di limousine. Ia melompat ke belakang dan mendorong Ibu Negara kembali ke kursi setelah Jackie berusaha memanjat bagasi karena mencoba meraih bagian tengkorak Presiden yang terlontar akibat tembakan.

Dalam wawancara dengan CBS, Hill tegas menolak adanya tembakan ke empat dan menyatakan bahwa luka-luka pada Kennedy berasal dari belakang. Para saksi di sisi jalan memberikan kesaksian berbeda, ada yang mengaku mendengar tembakan dari semak dan melihat asap bekas tembakan, namun ada yang membantah adanya tembakan ke empat.

Banyak teori-teori bermunculan dan belum pernah yang memvalidkan suatu teori tersebut. Hingga saat ini, kasus pembunuhan John F. Kennedy merupakan kasus yang membuat banyak buku-buku mengenai konspirasi bermunculan.


2. Pendaratan Manusia Pertama di Bulan


https://cdni.rbth.com/rbthmedia/images/2019.01/original/5c3dbcbd15e9f97dac2816b9.jpg

Beberapa orang di dunia ini, ada yang yakin sekali bahwa manusia belum pernah ke Bulan dan bahwa semua yang ditayangkan televisi dan dilaporkan dalam berita hanyalah kepalsuan dan merupakan efek CGI.

Keyakinan tersebut muncul karena suhu di bagian terang Bulan akan melumerkan film, tapi NASA memastikan bahwa semua film disimpan dalam wadah khusus dan tidak terpapar Matahari.

Suatu teori tambahan didasarkan kepada fakta bahwa jejak-jejak kaki tertinggal di bulan dan diduga terjadi karena kelembaban. Tapi kemudian NASA memisalkan permukaan bulan seperti bedak bayi yang ditebar di lantai dan kemudian diinjak orang sehingga meninggalkan jejak.
Ada lagi yang menanggap bahwa kendaraan bulan terlalu besar untuk muat dalam modul pendaratan.

Tapi, menurut NASA, kendaraan itu sangat ringan dan bisa dilipat, seperti mainan "Transformer" sekarang ini.

3. Bumi Itu Datar

https://img.purch.com/h/1000/aHR0cDovL3d3dy5saXZlc2NpZW5jZS5jb20vaW1hZ2VzL2kvMDAwLzEwMS84NTMvb3JpZ2luYWwvZmxhdC1lYXJ0aC1tYXAuanBn


Konspirasi mengenai bentuk bumi yang kita tinggali ini juga pada akhir-akhir ini menuai banyak pertanyaan dan perdebatan. Pada Abad ke-19 lalu, secara tidak resmi, penganut teori konspirasi ini membentuk Flat Earth Society dan pada tahun 2004 lalu, dibangkitkan lagi oleh Presidennya, Daniel Shenton.

Masyarakat bumi datar berpendapat bahwa ketika kita selalu bias melihat cakrawala, maka bentuk bumi itu datar. Karena tidak mungkin kita bisa melihat cakrawala jika bentuk bumi itu bulat. 

Bukti yang dikemukakan lain adalah jika bumi itu bulat, manusia harusnya bisa melihat lengkungan bumi melalui pesawat terbang. Bukan hanya itu, cahaya-cahaya dari satelit di orbit juga dianggap palsu dan dipasang di sana untuk menipu.
Pendukung kelompok itu juga berpendapat bahwa gravitasi adalah suatu fenomena palsu.

https://pbs.twimg.com/media/D8-PRArWsAA53Gw.jpg


Bahkan, ada teori yang mengatakan BAHWA ADA BANYAK BENUA DI LUAR LIMA BENUA KITA. DAN ITU ADA SISI LUAR BENUA ANTARTIKA. Karena hingga saat ini, belum ada satupun manusia yang mampu menembus benua Antartika yang terlalu besar dan seperti menjadi dinding untuk bumi yang kita tinggali ini. Mengenai hal itu, akan X FIles Indo bahas di artikel yang lain.

4. Kematian Putri Diana

https://www.rollingstone.com/wp-content/uploads/2018/06/gettyimages-73399877-b82bf6fa-2f84-4407-b724-e86fc37e9444.jpg


Sejumlah pihak berpendapat bahwa kecelakaan mobil di Paris yang hingga menewaskan Putri Diana dan Dodi Fayed pada 1997 memang diatur oleh Istana untuk menyelamatkan muka keluarga Kerajaan Inggris akibat ulah mantan istri Pangeran Charles itu.

Ada 175 teori yang dikemukakan oleh Mohamed Al Fayed, ayah Dodi Fayed. Dalam kedukaannya, Al-Fayed menolak mempercayai bahwa semua itu hanya kecelakaan akibat supir mabuk dan kecepatan tinggi ketika menghindari kejaran paparazzi.

Teori sebanyak 175 yang dikemukakan oleh Mohamed Al Fayed akan dibahas di artikel lainnya.

Mohamed Al-Fayed mengaku, Diana sedang hamil anak dari Dodi. Dan, pasangan itu sedang akan mengumumkan pertunangan mereka. Menurutnya, Istana sengaja membunuh Diana dan Dodi agar keluarga muslim Mesir itu tidak masuk dalam Keluarga Kerajaan.

Tapi, dokter sang Putri dan teman-teman dekat Diana membantah wanita itu sedang hamil.
Menurut Lady Sarah McCorquodale, kakak tertua Diana, adiknya malah mempertanyakan hubungannya dengan Dodi dan mengaku kepada temannya, Lady Annabel Goldsmith, "Kebutuhan menikah bagi saya seperti gatal-gatal pada wajah."

5. Serangan Teroris WTC 9/11

https://static.breakingnews.co.id/31008/conversions/maxres/perang-terhadap-teroris-dengan-mengenang-16-tahun-9-11-di-world-trade-center.jpg


Teori konspirasi gencar berseliweran setelah serangan teroris pada 9/11. Mereka yang percaya adanya konspirasi mendukung teori bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) melakukan sendiri serangan itu.

Atau, pemerintah AS sebenarnya mengetahui datangnya serangan tapi menolak bertindak agar meyakinkan masyarakat akan perlunya menyatakan perang terhadap Timur Tengah.

No comments:

Post a Comment

Artikel Lain :